Tips Berpetualang dengan Aman
Tips Berpetualang dengan Aman - Teman-seperjalanan

Tips Berpetualang dengan Aman

Tak dapat dipungkiri, berkegiatan di alam bebas sudah menjadi kebutuhan tersendiri. Dibalik kebisingan kota yang kerap kali membuat penat. Banyak hal yang dilakukan untuk menghilangkan kepenatan. Salah satu yang mujarab adalah dengan kembali ke alam, melalukan pendakian gunung, susur pantai, arung jeram dan beberapa kegiatan yang melibatkan alam sebagia medianya.

Berkegiatan di alam bebas memang menyenangkan. Semua kegiatan tersebut memerlukan persiapan yang baik, untuk meminimalisir resiko yang akan dihadapi, selain itu persiapan yang baik akan memberikan kenikmatan dalam berpetualang. Lantas seperti apa persiapan yang dibutuhkan untuk berkegiatan di alam bebas, berikut ulasannya.

Buatlah Alur Perjalanan yang Matang
Cari informasi selengkap mungkin tentang tempat yang akan kita kunjungi. Mulai dari medan (gunung,tebing,salju,sunga dll), jalur transportasi, klinik kesehatan terdekat,ketersediaan sumber air,sumber makanan, adat istiadat setempat, aturan yang mengikat dan segala sesuatu informasi terkain tempat tujuan kita. Semakin detail akan semakin baik.

Selanjutnya buatlah rencana operasional kegiatan. Tulislah secararinci mulai dari tujuan, waktu, jumlah peserta, anggaran keuangan, pembukuan perjalanan, chek kesehatan, alur publikasi, jalur evakuasi kesehatan perencanaan kegiatan dari persiapan, keberangkatan sampai pulang dengan rinci dan detail. Perencanaan yang matang akan memudahkan kalian membuat keputusan dalam keadaan yang genting. Selain itu akan meminimalisir resiko kecelakaan ketika persiapan sudah sangat matang.

Perlengkapan dan Perbekalan
Setelah alur perjalanan sudah matang, yang perlu disiapkan adalah perlengkapan dan perbekalan. Buat daftar list kebutuhan peralatan yang safety untuk pribadi dan kelompok. Usahakan lakukan simulasi pengunaan perlengkapn yang kan digunkan siapa tahu salah seorang rekan kalian tak bisa mengunakannya dan jangan lupa cek kelayakan alat. Akan sangat merepotkan kan jika salah satu frame tenda adayang patah, atau salah seorang rekanmu lupa membawa jas hujan ketika akan melakukan pendakian. Jadi buatlah cek list peralatan sebelum packing.

Lakuka mmanajemen perbekalan, hitung kebutuhan makan tiap orang dalam tim.bawa perbekalan secukupnya (jangan berlebihan atau kurang) dan usahakan memenuhi kebutuhan gizi kita. Karena berkegiatan di alam bebas membutuhkan stamina yang oke maka dibutuhkan asupan gizi yang sepadan. Bikin menu makan selama perjalanan juga mengasyikkan lo gaes.

Packing
Ini merupakan komponen penting sebelum melakukan kegiatan di alam bebas. Dalam penyusunan yang menjadi dasar adalah keseimbangan beban, bagaimana kita menumpukan berat beban pada tubuh sedemikian rupa sehingga kaki dapat bekerja secara efisien. Penyusunan barang-barang dnegan baik akan memberikan kenyamanan pada tiap langkah kita. Beberapa yang harus diperhatikan:

  • Tempatkan barang-barang yang lebih berat paling atas dan sedekat mungkin dengan badan. Barang-barang yang relative lebih ringan (Sleeping bag, pakaian tidur) ditempatkan di bagian bawah.
  • Letakan barang-barang yang sewaktu-waktu diperlukan pada bagian paling atas dan mudah dijangkau setiap waktu (Jas hujan, P3K, kamera, senter, dll) Kelompokan barang-barang dan dimasukanke dalam kantong-kantong plastic yang tidak tembus air, terutama pakaian tidur/ cadangan, pakaian dalam, kertas, barang elektronik.

Sekali lagi buatlah checklist dari semua perlengkapan, kalau mungkin dengan beratnya agar dapat mudah menyusunnya. Bangaiman sudah siap untuk berpetualang, lakukan persiapan yang matang ya gaesdan selamat menikmati perjalanan.

Leave a Reply

Close Menu
×
×

Cart