Pulau Merah, Surganya Para Peselancar dengan Pemandangan yang Memukau
Pulau Merah - Teman Seperjalanan

Pulau Merah, Surganya Para Peselancar dengan Pemandangan yang Memukau

Banyuwangi, kota dengan sebutan “the sunrise of java” menyimpan kekayaan alam yang begitu melimpah. Letaknya yang strategis dan merupakan kabupaten terluas di pulau Jawa ini diapit oleh Taman Nasional Alas Purwo, Baluran dan Merubetiri yang menjadikan surga bagi para wisatawan. Banyuwangi memiliki pesona alam yang sangat indah terbentang dari puncak gunung sampai dasar samudra. Kali ini kita akan mengintip keindahan Banyuwangi lewat Pantai Pulau Merah. Pantai yang tersohor dikalangan para peselancar dengan pemandangan alam yang memukau.

Keindahan Pulau Merah
Pantai Pulau Merah berombak besar, dengan panjang garis pantai yang lebih dari 3 km. Karakteristik ombaknya yang saling berbenturan membuat ombak di pantai Pulau Merah menjadi kecil ketika sampai pada bibir pantai. Keindahan alamnya begitu memukau. Hamparan laut berwarna biru dengan batuan karang yang menjulang menyerupai pulau yang terletak di bibir pantai, unik sekali. Pulau dengan batuan karang yang tingginya mencapai 2 meter ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki ketika air sedang surut. Ketika air surut akan terbentuk daratan sebagai jalan menuju bukit. Sekitar jam 3 sore adalah waktu yang tepat untuk dapat menikmatinya.

Menikmati keindahan pantai bersama teman seperjalanan

Lokasi Pulau Merah
Lokasi pantai ini berada di kecamatan Pesanggaran dan masih masuk dalam wilayah Taman Nasional Merubetiri. Jaraknya sekitar 60 Km dari pusat kota Banyuwangi. Terdapat transportasi umum yang dapat membawa kita kesana. Dari Banyuwangi kita bisa menggunakan bus Bisminto atau Ujang Jaya jurusan Pasengaran. Kemudian turun pasar Pesanggaran lalu lanjut dengan ojek menuju Pulau Merah.

Jika kalian dari arah Jember bisa turun di terminal Jajag kemudian menggunakan bus jurusan Pasenggaran dan dilanjutkan dengan ojek. Dari arah Surabaya kita bisa mengunakan kereta api, seperti yang pernah kami lakukan beberapa waktu lalu. Menariknya ketika naik kereta api, suguhan pemandangan sepanjang perjalanan begitu memukau. Kita akan melewati lembah, dataran tinggi dengan view perkebunan kopi sebagai pengiringnya. Dalam perjalanan menuju Banyuwangi kita akan melewati terowongan, sensasinya suguh luar biasa.

Selain keindahan alam yang ditawarkan, akses jalannya sudah memadai serta adanya moda transportasi umum membuat pantai ini tak pernah sepi dari pengunjung, baik oleh wisatwan lokal maupun wisatawan asing.

Fasilitas Pulau Merah
Pantai Pulau Merah sudah dilengkapi berbagai fasilitas sebagai sarana penunjang kegiatan wisata. Terdapat deretan tempat makan yang dilengkapi dengan kamar mandi dan mushola. Dengan olahan ikan laut segar yang dimasak dengan bumbu khas Banyuwangi yang akan mengoyang lidah dan memanjakan perut kita.

Terdapat juga menara pandang setinggi 3 meter yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan di sekitar. Adanya petugas keamanan yang selalu siap siaga membuat nyaman para wisatawan.

Di Pantai Pulau Merah tersedia tempat penyewaan alat untuk selancar, snorkeling, alat pancing dan perahu. Wisatawan dapat melakukan banyak aktivitas seru dan tentunya tak perlu repot untuk menyiapankan peralatannya.

Untuk kalian yang hanya ingin rebahan sembari menikmati pemandangan dengan semilir angin pantai dapat menyewa tempat berjemur lengkap dengan payung berwarna merah yang siap mencerahkan hari kalian. Terdapat juga penginapan dengan fasilitas memadai untuk kalian yang ingin menghabiskan malam disana. Disebelah barat pantai terdapat tempat penampungan ikan (TPI) yang konon merupakan terbesar nomor dua di Banyuwangi. Bagaimana paket super lengkap bukan.

Aktivitas di Pulau Merah
Pantai Pulau Merah memang begitu menawan, tiap sudutnya memancarkan pesona keindahannya. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan untuk menikmatinya. Bagi kalian yang suka berselancar atau ingin mencoba berselancar, pantai Pulau Merah merupakan tempat yang ideal. Ombak di sini memiliki ketinggian rata-rata 2 meter atau bahkan bisa mencapai 3-5 meter

Wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah laut dengan bersnorkeling. Kalian bisa juga menyewa perahu tradisonal sembari memancing. Hasil tangkapannya dapat dinikmati bersama di pinggir pantai sembari ditemai angin lembut yang membelai.

Duduk di pinggir pantai, menikmati lembutnya pasir putih sembari melihat matahari terbenam sambil berpegang tangan dapat kalian nikmati besama pasangan. Pastinya akan menjadi tabungan moment indah yang akan selalu dikenang. Asyik bukan menikmati keindahan pantai Pulau Merah dengan beragam aktivitas pilihan. Ayo ke Banyuwangi.

Menjelang senja di Pantai Pulau Merah

Leave a Reply

Close Menu
×
×

Cart