Pesona Pantai Sukamade Banyuwangi
Pantai Sukamade - Teman seperjalanan

Pesona Pantai Sukamade Banyuwangi

Selain Telok Ijo yang memukau akan keindahnya, ada banyak yang menarik yang terdapat di kawasan Taman Nasional Merubetiri. Salah satunya adalah Pantai Sukamade, pantai yang tersohor dengan penangkaran penyu tersimpan dibalik hutan belantara.

Perjalanan Memasuki Kawasan Taman Nasional Merubetiri
Ketika memasuki kawasan Sukamade kita serasa memasuki kawasan hutan belantara dengan jalan makadam berkontur rapat. Perjalanan panjang dengan medan beragam akan kita temui. Jalanya extrim, naik turun bukit dengan jalan tak rata sehingga membutuhkan mobil 4WD atau truk untuk melintasinya. Yang menarik dari perjalanan ini adalah ketika menyeberangi sungai sehingga butuh moda transportasi yang sesuai.

Pantai Sukamade Habitat Para Penyu
Pantai Sukamade merupakan habitat penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau, dan penyu ridel/lekang. Garis pantai yang panjang dengan pasir berwarna putih sedikit kasar dan faktor pendukung lainnya membuat penyu berdatangan untuk bertelur. Ombaknya tergolong besar dan terdapat batuan karang seperti pantai yang tergambar pada serial kartun dragon ball. Ketika malam hari kita dapat menikmati suasana pantai dengan lukisan langit yang dihiasi bintang bersinar terang sembari menunggu penyu berdatangan untuk bertelur. Suasana terasa sangat romantis dengan hembusan angin sejuk nan lembut membelai tubuh kita.

Kekayaan Hutan Sekitar Pantai
Sebelum memasuki kawasan pantai kita akan melewati hutan pantai yang menyimpan flora fauna yang menakjubkan. Terdapat banyak biawak berukuran besar terlihat seperti komodo yang sembunyi dibalik tanaman bakau. Ada banyak monyet yang akan menggoda kita, terkadang para monyet akan mencuri makanan yang kita bawa. Ketika beruntung kita akan dihibur atraksi perebutan makanan antara biawak dan monyet, sungguh atraksi yang menakjubkan. Telinga kita juga akan dimanjakan oleh kicau burung yang memberi suasana damai.

Penangkaran Penyu di Sukamade
Tak hanya keindahan hutan dan pantai yang memukau, melihat penyu berukuran besar berjalan ke permukaan adalah hal yang begitu menakajubkan. Kita dapat melihat serentetan proses perkembangbiakan penyu sang hewan purba berumur panjang. Tak jauh dari pantai ada tempat penangkaran penyu. Kita dapat melihat proses berkembang biak penyu mulai dari telur yang sedang dieram, kemudian telur yang menetas dan mengeluarkan tukik (anak penyu), lalu tukik kecil yang terus tumbuh besar sampai dikatakan layak untuk dilepas di lautan. Jika berutung kita juga dapat merasakan sensai pelepasan tukik ke laut. Konon para tukik yang telah tumbuh dan siap bertelur akan kembali ke pantai dimana mereka dilepas.

Perijinan dan Sistem Zonasi di Kawasan Taman Nasional Merubetiri
Berkegiatan di kawasan pantai Sukamade harus mendapat ijin dari pihak taman nasional, ada batasan pengunjung disana. Karena sistem dari sebuah taman nasional berupa zonasi dimana tak semua orang dapat memasuki kawasannya. Seperti zona rimba dan inti, harus ada pendampingan dari pihak taman nasional. Selain itu aturan tentang larangan tidak mengambil sesuatu atau membawa sesuatu dari luar, karena dikhawatirkan akan mengancam ekosistem yang ada dalam taman nasional.

Zona Pemanfaat di Pantai Sukamade
Sebagian Pantai Sukamade termasuk dalam kawasan zona pemanfaatan, yang dimanfaatkan dalam bidang pariwisata. Ada beberapa fasilitas yang memang disediakan untuk para wisatawan. Disana terdapat penginapan dengan fasilitas yang memadai. Terdapat 2 rumah panggung dengan 4 kamar. Tiap kamar berisi 2 tempat tidur. Disana juga terdapat camping ground yang dapat dipakai jika ingin bermalam mengunakan tenda. Disekitar tempat penangkaran penyu ada toilet yang dapat digunakan untuk para wisatawan.

Berkunjung ke pantai Sukamade akan mengajarkan betapa kayanya negeri kita. Kekayaan hayati terkandung di dalamnya. Tiap sudut akan dimanjakan oleh pesona alam nan eksotis. Untuk dapat menjamahnya pun dibutuhkan usaha lebih dengan melintas hutan hujan tropis bermedan terjal sesekali curam. Paket petualangan menarik yang akan meberikan pembelajaran dan sensasi petualangan yang sesunguhnya. Selamat berpetualang.

Leave a Reply

Close Menu
×
×

Cart