Pendakian Gunung Ringit Situbondo
Gunung Ringgit Situbondo - Teman seperjalanan

Pendakian Gunung Ringit Situbondo

Gunung Ringit memang tak setenar Gunung Argopuro yang secara administrative terletak di kabupaten yang sama. Gunung ini lebih dikenal untuk kalangan wisata religi, namun bagi kalian para pecinta jalur ekstrem wajib mencobanya, gunung ini digadang-gadang sebagai miniature gunung Raung, berikut ulasanya.

Gunung Rute Pendek dengan Jalur Ekstrem
Gunung Ringit masuk dalam gugusan pegunungan Putri Tidur ini terletak di kabupaten Situbondo. Letaknya tak jauh dari jalan utama Surabaya – Bali. Gunung Ringgit termasuk dalam gunung rute pendek dengan medan yang ekstrem. Medan yang terus menanjak dengan bersebelahan jurang yang menganga menjadi nilai plus tersendiri.

Start Perjalanan Gunung Ringit
Perjalanan dimulai dari Desa Klatakan dengan jalan setapak yang sudah berpaving. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan jalan berbatu menanjak yang sekililingnya adalah vegetasi yang heterogen dan mulai rapat. Di tengah perjalanan akan bertemu tendon air besar yang merupakan pemasok air utama di desa Klatakan. Sekitar 1,5 jam perjalanan, akan ada pemukiman penduduk, mesti jumlahnya tak banyak namun menarik sekali. Bak sebuah desa terpencil di atas gunung inilah yang disebut sebagai Gunung Agung.

Gunung Agung, Lokasi yang Dikramatkan
Gunung Agung merupakan gunung yang dikramatkan oleh warga sekitar. Disana merupakan pesarean dari Raden Tjondrokusumo yang konon merupakan Bupati pertama Situbondo. Gunung Agung merupakan salah satu wisata religi yang terletak di daerah Situbondo. Di sini terdapat beberapa rumah warga dan beberapa pondok bagi para peziarah. Tempat ini biasanya digunakan untuk istirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Ringgit. Di sini dapat membeli makanan ringan dan mengisi air untuk bekal perjalanan.

Perjalanan Menuju Puncak So’onan
Dari gunung Agung perjalanan dilanjutkan dengan medan yang mulai terjal dengan vegetasi rapat. Dibutuhkan konsentrasi tinggi dan fisik yang prima untuk melakuan pendakian gunung ini. Terdapat banyak tanjakan bahkan beberapa tenjakan harus dilewati mengunakan tali (sudah tersedia disana). Selain tali terdapat juga tangga besi yang harus dilewati.

Dibutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk mencapai puncak. Perjalanan yang melelahkan dengan medan bervariasi akan memberi kesan tersendiri. Sebelum sampai di puncak terdapat Gua Guci yang berada tepat di bawah puncak So’onan nama dari puncak gunung Ringit. Gua ini biasanya digunakan untuk ritual bertapa. Puncak Ringit tak begitu luas, dari atas kita dapat menikmati hamparan laut utara Jawa dengan hijaunya hutan pengunungan Putri Tidur.

Leave a Reply

Close Menu
×
×

Cart