Menikmati Arung Jeram di Sungai Pekalen Probolinggo
Sungai Pekalen - Teman-seperjalanan

Menikmati Arung Jeram di Sungai Pekalen Probolinggo

Ingin tau caranya melepaskan diri dari semua masalah yang membenani pikiran anda? Ya, disini ada cara yang tepat untuk dilakukan yaitu dengan arung jeram di Sungai Pekalen. Adrenalin Anda akan dipacu dan berpadu karena kekaguman pada keindahan alam Sungai Pekalen Probolinggo. Anda juga dapat berteriak sepuasnya ketika jeram mengoyang perahu. Percikan air yang mengenai tubuh akan memberi sensasi kesegaran tersendiri. Yang menarik dari sungai Pekalen adalah 7 air terjun yang akan menemani anda ketika pengarungan.

Arung jeram, petualangan mengasyikan dan sedikit liar
Kegiatan Arung jeram popular pada tahun 90an. Kegiatan ini awalnya banyak dilakukan oleh para pecinta alam. Berarung jeram akan memberikan sensasi berbeda pada anda, karena kegiatan ini sangat mengasyikan dan sedikit liar. Seperti halnya kegiatan petualang lainnya berarung jeram juga mempunyai resiko dan bahaya. Namun anda tak perlu khawatir, ada pemandu arung jeram (skipper) yang berpengalaman untuk meminimalisir resiko dan bahaya. Selain itu anda juga akan mengenakan pelampung (life jacket) sebagai pelindung ketika berada di atas permukaan air dengan daya apung tinggi. Perahu karet yang dipakai adalah jenis inflatable raft yang memang diperuntukkan melewati jeram dengan aman karena berisi udara yang dapat meredam benturan antara badan perahu dengan bebatuan jeram.

Keindahan Sungai Pekalen
Sungai Pekalen terbentang di antara tiga kecamatan berturut-turut yaitu kecamatan Tiris, kecamatan Maron, dan kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Sungai ini merupakan sungai dengan jeram paling deras di Jawa Timur dengan grade 2 sampai 3+. Karakteristik sungai ini berbelok dan bertebing dengan jeram yang bersambung-sambung. Sungai Pekalen bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan dengan lebar sungai rata-rata 5-20 meter.

Wisata arung jeram sungai Pekalen
Wisata arung jeram di Sungai Pekalen terbagi menjadi 3 jalur yaitu atas, tengah dan bawah dan terdapat 2 operator profesional yang menyediakan jasa wisata arung jeram yaitu Songa Adventur dan NOARS Rafting. Jalur atas anda akan mengarungi sungai sepanjang 12 KM dengan jarak tempuh selama 3,5 jam. Jeram yang disuguhkan banyak sekitar 50 buah dan unik. Seperti Welcome, Batu Jenggot, Pandawa, Rajawali, Xtravaganza, KPLA, Tripple Ace, The Fly Matador, Hiu, Cucak Rowo, Long Rapid, Good Bye dan jeram Inul. Anda akan bergoyang bak Inul Daratista. Selain itu pemandangan indah tersaji selama pengarungan. Tebing-tebing dengan ribuan kelelawar berterbangan. Barisan air terjun bak tirai akan menguyur anda ketika pengarungan.

Jalur tengah jalur yang paling ektrem di antara yang lain. Pada jalur ini jeram sambung menyambung dan berbelok-belok. Panjang tripnya hanya 7 KM, tapi jarak tempuhnya paling lama. Pada jalur tengah terdapat dua air terjun yang terpaksa perahu harus di angkat. Pada jalur ini juga terdapat tebing yang di bawahnya terdapat undercut. Undercut terbentuk karena adanya gerakan arus deras yang menghantam dinding tebing atau batu sehingga membentuk ceruk yang relatif dalam. Kealamian hutan di sekitarnya membuat anda serasa di pedalaman hutan dan menemukan sungai denga jeram yang begitu menakjubkan.

Jalur bawah lebih singkat dari dua jalur sebelumnya. Jeramnya juga sangat menantang, 3 jeram yang mejadi favorit disini yaitu Goodbles, Pilar dan Malboro. Pemandangan di sekitar sungai sangat menarik dan indah. Jeram Goodbles merupakan jeram yang sangat menantang, nama jeram di ambil juga sebagai doa agar selalu di berkahi oleh Tuhan.

Safety Prosedur dalam berarung jeram
Kondisi yang sehat dan fit adalah modal utama saat mengikuti kegiatan arung jeram. Sebelum anda melakukan pengarungan, anda akan diberikan instruksi yang harus dilakukan. Mulai cara memakai peralatan, memegang dayung, posisi duduk dalam perahu dan bagaimana agar tetap aman. Pemandu juga menginstruksikan yang harus dilakukan ketika anda terlempar dari perahu. Jika anda keluar atau terlepmar dari perahu, pertama tenanglah dan jangan melawan arus. Nikamti setiap jeram yang membuaut hanyut, guide Anda akan segera melemparkan tapi dan menolong untuk kembali ke perahu.

Berarung jeram dengan kondisi alam yang indah dan menenangkan akan membuat anda berfikir bahwa bahagia itu sangat sederhana. Hanya dengan kita bisa menikmati setiap apa yang diberikan oleh sang Pencipta. Keindahan ini tercipta dari karya – karyaNya yang luar biasa. Dari berarung jeram anda juga dapat belajar bahwa hidup harus di jalani dilalui dengan keberanian dan kewaspadaan. Dengan berarung jeram sesungguhnya anda sedang membuka pintu semua potensi yang ada pada diri anda dan selalu berani untuk melangkah.

Leave a Reply

Close Menu
×
×

Cart