Gunung Ringgit Situbondo, Miniatur Gunung Raung
Gunung Ringgit Situbondo - Teman seperjalanan

Gunung Ringgit Situbondo, Miniatur Gunung Raung

Bak lukisan pemandangan, itu yang kita lihat ketika melewati jalan utama Surabaya Situbondo. Mata akan dimanjakan dengan panorama birunya laut sebelah kiri dan hijaunya deretan pegunungan. Pernahkah membayangkan berada di dalam rimbunnya hutan pegunungan dan melihat luasnya lautan terpampang di bawah. Hmm kalian harus mencobanya menikmati petualangan dengan medan terjal dan pemandangan yang sangat menakjubkan. Menikmati paket dobbel combo ini sangat menarik. Ada sensasi tersendiri yang ditawarkan, yang jelas keindahan pemandangannya dan jalur pendakian dari gunung Ringgit yang aduhai.

Gunung Rute Pendek dengan Jalur Extrem
Gunung Ringit adalah salah satu gunung yang wajib didaki oleh para pecinta jalur extrem. Gunung dalam gugusan pegunungan Putri Tidur ini terletak di kabupaten Situbondo. Letaknya tak jauh dari jalan utama Surabaya – Bali.

Gunung Ringgit termasuk dalam gunung rute pendek dengan medan yang ekstrem. Medan yang terus menanjak dengan bersebelahan jurang yang menganga menjadi nilai plus tersendiri bagi para pecinta petualangan dengan medan extrem.

Start Perjalanan Gunung Ringit
Perjalanan diawali dari jalan setapak yang sudah berpaving di Desa Klatakan. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan jalan berbatu menanjak yang sekililingnya adalah vegetasi yang heterogen dan mulai rapat. Di tengah perjalanan akan bertemu tendon air besar yang merupakan pemasok air utama di desa Klatakan. Setelah perjalanan yang melelahkan dengan medan yang terjal sekitar 1,5 jam, akan dikejutkan oleh beberapa pemukiman dengan lampu berkilauan bak sebuah desa terpencil di atas gunung inilah yang disebut sebagai Gunung Agung.

Gunung Agung, Lokasi yang Dikramatkan
Gunung Agung merupakan gunung yang dikramatkan oleh warga sekitar. Disana merupakan pesarean dari Raden Tjondrokusumo yang konon merupakan Bupati pertama Situbondo. Gunung ini merupakan salah satu wisata religi yang terletak di daerah Situbondo. Menurut juru kunci makam ini, Raden Tjondrkusumo berasal dari Kudus dan masih keturunan Sunan Kudus. Di sini terdapat beberapa rumah warga dan beberapa pondok bagi para peziarah. Terdapat juga pohon beringin yang sangat besar sehingga memberi kesan mistis yang kental. Tempat ini biasanya digunakan untuk istirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Ringgit. Di sini dapat membeli makanan ringan dan mengisi air untuk bekal perjalanan.

Pesarean Raden Tjondrokusumo – Teman Seperjalanan
Pesarean Raden Tjondrokusumo – Teman Seperjalanan

Perjalanan Menuju Puncak So’onan
Dari gunung Agung perjalanan dilanjutkan dengan medan yang mulai terjal dengan vegetasi rapat. Dibutuhkan konsentrasi tinggi dan fisik yang prima untuk melakuan pendakian gunung ini. Terdapat banyak tanjakan bahkan beberapa tenjakan harus dilewati mengunakan tali (sudah tersedia disana). Selain tali terdapat juga tangga besi yang harus dilewati. Kondisi medan yang demikian membuat gunung Ringit disebut sebagai miniature dari gunung Raung.

Dibutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk mencapai puncak. Perjalanan yang melelahkan dengan medan bervariasi akan memberi kesan tersendiri. Ditengah perjalanan terdapat sebuah dataran yang dikellilinggi pohon besar yang dibawahnya berserakan daun-daun kering (ketika musim kemarau). Sungguh seperti berada pada film Twiligh yang terkesan mistis namun romantis.

Sebelum sampai di puncak terdapat Gua Guci yang berada tepat di bawah puncak So’onan nama dari puncak gunung Ringgit. Gua ini biasanya digunakan untuk ritual bertapa. Dengan harapan dari bertapa dapat membersihkan jiwa. Memang lokasi yang tepat untuk menenangkan diri. Puncak So’oon mempunyai pemandangan yang sangat eksotis. Menikmati matahari terbit dengan latar pemandangan bentang pantai utara Situbondo dan hamparan belantara gunung Ringgit sembari duduk berdua diatas batu besar bersamamu ditemani hembusan angin beserta tetesan embun yang membelai wajah, suguh nikmat Tuhan yang dapat didustakan. Dari sinilah kisah kami bermula, kemudian membuat satu rangkaian cerita yang akan kami suguhkan untuk anak cucu kami. Teman Seperjalanan.

Leave a Reply

Close Menu
×
×

Cart